Mengais Rejeki di Gunung Kawi


Gunung Kawi, gunung dengan tinggi 2,86 meter dari permukaan laut yang terletak di desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur tidak hanya menjadi berkah bagi peziarah yang percaya bisa mendatangkan berkah pesugihan, namun juga menjadi berkah bagi penduduk sekitar.



Malam Jumat Legi memang selalu ditunggu oleh sebagian orang. Banyak yang percaya, di setiap malam itu, Raden Mas Imam Sujono, selalu mengabulkan setiap permintaan orang yang datang kepadanya. Tidaklah heran, apabila setiap malam itu jumlah pengunjungnya selalu berlimpah. Ini merupakan berkah bagi pedagang dan masyarakat sekitar yang memanfaatkan kunjungan wisatawan itu.

Sepanjang jalan masuk menuju kompleks pemakaman Kyai Zakaria atau lebih dikenal dengan Eyang Jugo dan Raden Mas Imam Sujono di Gunung Kawi, sejumlah pedagang, baik itu pedagang bunga untuk ritual, makanan ringan, maupun perhiasan ramai menawarkan barang dagangannya.



Biasanya, pendapatan mereka naik dua kali lipat dibanding hari biasanya. Penjual bunga misalnya, dimana hari biasa hanya memperoleh keuntungan Rp 30 ribu, kini bisa meraup Rp 70 ribu.



Tidak hanya pedagang, pengemis maupun pengamen pun tidak lupa ikut mencicipi keuntungan dari para tamu.

0 comments: