Asuransi, Belajarlah dari Ambisi China

Asuransi adalah salah satu industri paling cepat perkembangannya di China. Pejabat Komisi Pengawas Industri Asuransi China menyatakan, sampai tahun 2010, pendapatan industri asuransi China diperkirakan akan meningkat 200 persen dibandingkan dengan tahun 2005 dengan melampaui 1 triliun yuan atau sekitar 125 miliar dollar AS.

Dan sejalan dengan percepatan kemajuan industri tersebut, bidang-bidang industri asuransi yang terbuka terhadap dunia luar juga semakin luas.

Wakil Ketua Komisi Pengawas Industri Asuransi China Li Kemu mengemukakan, pendapatan perusahaan asuransi China dari premi selama lima tahun terakhir ini mencatat kenaikan rata-rata lebih dari 17 persen setiap tahun.

Sistem pasar semakin sempurna. Jumlah lembaga asuransi di China dewasa ini mencapai 100. Diperkirakan sampai tahun 2010, China pada pokoknya akan membangun industri asuransi modern yang skala bisnisnya relatif besar, sistem pasarnya sempurna, bidang layanannya luas, operasinya dapat dipercaya dan baku, daya pelunasannya cukup dan daya saing terpadunya relatif kuat.

"Diperkirakan sampai tahun 2010, pendapatan industri asuransi China akan meningkat 200 persen dibanding tahun 2005 dengan menembus 1 triliun yuan, dan aset total yang dikelola industri asuransi akan mencapai 5 triliun yuan lebih atau sekitar 6.250 miliar dollar AS," ungkapnya.

Bisnis yang dilakukan industri asuransi Tiongkok sekarang ini mencakup berbagai bidang pembangunan ekonomi dan sosial. Industri asuransi sementara mengembangkan dirinya, juga aktif "mengabdi" kepada pembangunan ekonomi dan sosial serta peningkatan kehidupan rakyat melalui bisnisnya. Misalnya, menghadapi kesenjangan di bidang perkembangan asuransi antara kota dan desa di China, lembaga industri asuransi di China sedang bekerja sama dengan departemen pertanian mengembangkan asuransi pertanian.

Li Kemu mengutarakan, "Komisi Pengawas Industri Asuransi akan aktif mengembangkan asuransi pertanian dan melakukan percobaan asuransi tersebut dalam berbagai bentuk berdasarkan keadaan nyata di berbagai tempat. Sementara itu, industri asuransi akan aktif ambil bagian dalam percobaan pengobatan gotong royong pedesaan, mengadakan asuransi hari tua bagi petani yang tanahnya direkuisisi, dan menyediakan layanan asuransi bagi petani yang bekerja di kota."

China adalah negara besar pertanian, juga sebuah negara yang pertaniannya sering dilanda bencana alam serius. Menurut statistik, luas tanaman pertanian yang mengalami bencana alam tahun lalu di seluruh negeri mencapai 60 juta hektar.

Komisi Pengawas Industri Asuransi akan mendorong perusahaan-perusahaan asuransi yang kini sudah melakukan asuransi pertanian untuk menambah investasi. Komisi tersebut telah mengesahkan pula tiga perusahaan asuransi pertanian yang baru untuk menjamin asuransi tersebut dapat berjalan secara profesional. Sementara itu, perusahaan asuransi China aktif ambil bagian pula dalam asuransi sejumlah peristiwa dan kegiatan penting.

Pengelolaan ventura

Membeli asuransi adalah suatu cara pokok untuk melakukan pengelolaan ventura bagi penyelenggaraan Olimpiade Beijing tahun 2008, dan juga suatu cara yang lazim diterapkan dunia internasional. Pihak pengawas asuransi China kini telah membentuk lembaga terkait dengan Komite Olimpiade Internasional untuk menyediakan konsep asuransi bagi Olimpiade.

Sejalan dengan percepatan kemajuan bisnis asuransi di China, keterbukaan industri asuransi China terhadap dunia luar juga semakin luas, dan jumlah perusahaan asuransi modal asing yang beroperasi di China juga terus bertambah.

Kini, sudah tidak ada pembatasan lain bagi perusahaan asuransi modal asing di China, kecuali dilarang melakukan bisnis asuransi yang diwajibkan berdasarkan hukum, serta ketentuan tentang keharusan untuk berpatungan dalam mendirikan perusahaan asuransi jiwa.

Sementara itu, kerja sama China dengan luar negeri dalam bidang pengawasan industri asuransi juga mencapai kemajuan positif. Kini, China telah menandatangani nota kesepakatan kerja sama pengawasan industri asuransi dengan Amerika Serikat, Jerman, Korea Selatan, Singapura, dan negara-negara lain.

Ke depan, China akan menandatangani persetujuan dengan lebih banyak negara dan daerah, serta mengambil tindakan untuk mengawasi lembaga-lembaga yang didirikan perusahaan asuransi China di luar daratan China.(KCM)

0 comments: