PAMERAN FOTO DUA TAHUN LUMPUR PANAS

Pers release

Memperingati dua tahun lumpur panas di Porong Sidoarjo 29 Mei, Trisnadi Marjan pewarta foto Kantor Berita Amerika Associated Press menggelar Pameran Foto yang bertajuk Dua Tahun Penderitaan Korban Lumpur Panas di Perpustakaan Kota Malang, Jl. Simpang Lima Malang, 31 Mei sampai 6 Juni 2008.

Foto yang akan dipamerkan itu diambil sejak awal semburan, 29 Mei 2006 lalu hingga puncak peringatan dua tahun lumpur panas dengan acara istiqosah korban lumpur panas di tanggul penahan lumpur panas.

Jumlah karya seluruhnya berjumlah sekitar 40 karya foto, tiga diantaranya berukuran 180 cm x 1 meter. Foto ini dianggap oleh Trisnadi yang terbaik diantara karya yang lain. Ketiga foto tersebut menggambarkan dua orang ibu korban lumpur panas yang menangis dengan mulut yang ditutup oleh plester bertuliskan "Lapindo Menipu", gambar mesjid yang tenggelam dan aktifitas di pusat semburan lumpur panas.

Sedangkan sisa karya lainnya, dicetak dengan ukuran 30 cm x 40 cm. Sebagian besar karya banyak menceritakan bagaimana penderitaan serta perjuangan hidup korban lumpur panas dalam menuntut hak-haknya sebagai korban.

Beberapa karya lainnya bercerita tentang ide pemikiran dari seorang ahli dari Institut Tehnologi 10 November Surabaya, Ir. Djaja Laksana dengan bendungan bernoulli.

"Saya mengambil foto pose ahli tersebut dengan lukisan bendungan bernoulli karena ia
merupakan warga Jawa Timur yang aktif dengan pemikiran tehnologinya untuk mengatasi semburan lumpur panas yang membuat kerugian material dan immaterial bagi warga Jawa Timur, " kata Trisnadi.

"Ia ilmuwan murni yang bekerja demi kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi tanpa
kepentingan politis, " katanya.

Kejujuran dan kepolosan Djaja seorang ilmuwan dan ahli itulah yang membuat Trisnadi
mengabadikannya sebagai "men of the year".

Sebagian besar hasil penjualan foto dalam pameran foto itu akan disumbangkan kepada
anak-anak korban lumpur panas di pengungsian Pasar Baru Porong Sidoarjo.

Demikian semoga bisa bermanfaat. Terima kasih sebesar-besarnya.


Contack Person

Trisnadi Marjan
081 - 331990 770 / 031-71 990 770

0 comments: